Monday, July 26, 2010

FRAUD dalam IT. . .

Tindakan kriminal bukan hanya terjadi dalam kehidupan sehari - hari, melainkan juga terjadi dalam dunia IT melalui dunia maya. Banyak sekali kriminalitas dalam dunia IT sekarang ini, misalnya cracking yang dilakukan oleh hacker.
Salah satu contoh yang lainnya adalah keylogger yang di letakkan pada mesin ATM. KeyLogger adalah sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke email tertentu secara periodik.
Melalui keylogger ini seseorang dapat mengetahui data - data seorang customer berupa no PIN atau password. Akibatnya banyak customer yang dirugikan karena PIN atau password dapat disalahgunakan.
Untuk itulah segala bentuk kriminalitas dalam dunia IT perlu ditindaklanjuti. Peranan pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan. Selain itu tingkatkan Security pada alat - alat yang digunakan untuk proses transaksi seperti mesin ATM

No comments:

Post a Comment