Thursday, August 12, 2010

Kampanye Kepedulian terhadap Data.. GO DATA !

Kampanye kepedulian terhadap data. mungkin kampanye yang memang satu ini masih asing didengar atau hanya anak-anak IT yang mengerti.. hehee..
Kepedulian terhadap data mungkin kurang ditingkatkan. Contohnya keprivasian sebuah data. Tidak semua data harus selalu dipublikasikan secara umum. Ada data yang harus dijaga keprivasianya. Tapi memang ada data yang dipublikasikan secara umum.
Data-data penting yang perlu dijaga sebaiknya mendapatkan perlindungan khusus. Data-data yang sangat mudah tersebar secara umum dan luas, pada umumnya melalui situs jaringan sosial, seperti Facebook, Twitter, Friendster, Kaskus, Yahoo Community, dan lain-lain.
Pertama kita pelajari dahulu apa itu arti data, menurut wikipedia Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.
Maka dari itu keamanan sebuah data lebih digalakkan lagi agar terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. seperti pembajakan data. Pembajakan data adalah perbuatan yang sangat tidak terpuji. Membajak data seseorang atau perusahaan tidak bisa dibenarkan. Tapi apabila membajak demi kebaikan tidak ada salahnya, dengan melalui perijinan dari pihak yang berwenang.
Search engine seperti Google menyimpan banyak sekali data dari segala penjuru dunia. Ada baiknya ada sistem pengamanan dalam sistem search engine tersebut.

No comments:

Post a Comment